HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA

Roza, Agustia and Triantoro, Safaria (2019) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500013204_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500013204_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan
antara kontrol diri dan iklim sekolah terhadap perilaku cyberbullying pada
remaja. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil pada penelitian
ini sebanyak 100 siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasi
dengan skala sebagai alat pengumpulan data. Skala yang digunakan dalam
penelitian ini adalah skala cyberbullying, skala kontrol diri, dan skala iklim
sekolah. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier
berganda.
Hasil dari analisis data dalam penelitian ini dengan hipotesis mayor
terdapat hubungan antara kontrol diri dan iklim sekolah terhadap perilaku
cyberbullying diterima dengan nilai koefisien R = 0,357 dengan p = 0,001
(p<0,01) yang berarti terdapat hubungan yang sangat signifikan antara
kontrol diri dan iklim sekolah terhadap perilaku cyberbullying dengan
sumbangan efektif sebesar 12,8%. Hipotesis minor pertama terdapat
hubungan yang negatif antara kontrol diri terhadap perilaky cyberbullying
dengan koefisien korelasi rxy=-0,238 dengan taraf signifikansi p=0,015
(p<0,05) yang berarti hipotesis minor pertama diterima karena terdapat
hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku
cyberbullying, kontrol diri memiliki sumbangan efektif sebesar 6,6% dengan
perilaku cyberbullying. Hipotesis minor kedua terdapat hubungan yang
negatif antara iklim sekolah terhadap perilaku cyberbullying dengan
koefisien korelasi rxy=-0,228 dengan taraf signifikansi p=0,020 (p<0,05)
yang berarti hipotesis minor kedua diterima karena terdapat hubungan
negatif yang signifikan antara iklim sekolah dengan perilaku cyberbullying,
iklim sekolah memiliki sumbangan efektif sebesar 6,2% dengan perilaku
cyberbullying.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi
kontrol diri dan iklim sekolah maka semakin rendah perilaku cyberbullying
yang dilakukan remaja, sebaliknya ketika kontrol diri dan iklim sekolah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:08
Last Modified: 17 Sep 2019 03:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14700

Actions (login required)

View Item View Item