Adhista Nur, Cahya Ndadari and Dholina Inang, Pambudi (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK SD NEGERI 2 GADINGHARJO. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Preview |
Text
T1_1500005033_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (363kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh manusia yang cenderung mengeksploitasi
lingkungan untuk kepentingan diri sendiri. Masih terdapat siswa yang kurang bertanggung
jawab dalam menjaga dan peduli terhadap lingkungan. Pelaksanaan pendidikan karakter
peduli lingkungan masih harus ditingkatkan.
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter peduli
lingkungan pada peserta didik SD Negeri 2 Gadingharjo. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, tim sekolah sehat,
guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli
lingkungan pada peserta didik SD Negeri 2 Gadingharjo terdapat program sekolah sehat.
Program Sekolah Sehat merupakan program terencana dan terstruktur sehingga diperlukan
proses perencanaan, pembiasaan, dan evaluasi yang dilakukan melalui tahap 1)
Pengembangan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah yaitu pengembangan diri
meliputi kegiatan rutin; kegiatan spontan; keteladanan; dan pengkondisian, pengintegrasian
dalam mata pelajaran, budaya sekolah. 2) Pengembangan proses pembelajaran yang terdiri
dari kelas, sekolah, luar sekolah. 3) Pengembangan kesehatan sekolah yang terdiri dari
fasilitas sanitasi, kantin/warung sekolah, bebas dari jentik nyamuk, bebas asap rokok,
usaha kesehatan sekolah, dan kebersihan lingkungan. Program unggulan di SD Negeri 2
Gadingharjo yaitu kegiatan pemberantas sarang nyamuk, patroli keamanan sekolah, kantin
sehat, penanam toga dan sayur, jajanan sehat unggulan sekolah. Faktor pendukung yaitu
lingkungan sekitar masih hijau, memiliki kebun sekolah, serta bekerja sama dengan
lembaga dan instansi terkait sehingga mendukung pelaksanaan pendidikan karakter peduli
lingkungan. Faktor penghambat yaitu masih terdapat salah satu penjaga sekolah yang
apatis terhadap lingkungan, masih ada siswa yang lalai dalam merawat tanaman dan
kebersihan kelas, dan pengaruh lingkungan tempat tinggal siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | publikasi uad |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 18:51 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 18:51 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14751 |
Actions (login required)
View Item |