Repository Universitas Ahmad Dahlan

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK SD NEGERI 2 GADINGHARJO

Adhista Nur, Cahya Ndadari and Dholina Inang, Pambudi (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK SD NEGERI 2 GADINGHARJO. bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img]
Preview
Text
T1_1500005033_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh manusia yang cenderung mengeksploitasi lingkungan untuk kepentingan diri sendiri. Masih terdapat siswa yang kurang bertanggung jawab dalam menjaga dan peduli terhadap lingkungan. Pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan masih harus ditingkatkan. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik SD Negeri 2 Gadingharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, tim sekolah sehat, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik SD Negeri 2 Gadingharjo terdapat program sekolah sehat. Program Sekolah Sehat merupakan program terencana dan terstruktur sehingga diperlukan proses perencanaan, pembiasaan, dan evaluasi yang dilakukan melalui tahap 1) Pengembangan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah yaitu pengembangan diri meliputi kegiatan rutin; kegiatan spontan; keteladanan; dan pengkondisian, pengintegrasian dalam mata pelajaran, budaya sekolah. 2) Pengembangan proses pembelajaran yang terdiri dari kelas, sekolah, luar sekolah. 3) Pengembangan kesehatan sekolah yang terdiri dari fasilitas sanitasi, kantin/warung sekolah, bebas dari jentik nyamuk, bebas asap rokok, usaha kesehatan sekolah, dan kebersihan lingkungan. Program unggulan di SD Negeri 2 Gadingharjo yaitu kegiatan pemberantas sarang nyamuk, patroli keamanan sekolah, kantin sehat, penanam toga dan sayur, jajanan sehat unggulan sekolah. Faktor pendukung yaitu lingkungan sekitar masih hijau, memiliki kebun sekolah, serta bekerja sama dengan lembaga dan instansi terkait sehingga mendukung pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan. Faktor penghambat yaitu masih terdapat salah satu penjaga sekolah yang apatis terhadap lingkungan, masih ada siswa yang lalai dalam merawat tanaman dan kebersihan kelas, dan pengaruh lingkungan tempat tinggal siswa.

Item Type: Naskah Publikasi (bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 18:51
Last Modified: 23 Sep 2019 18:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14751

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.