HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH UNIT RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Nisa, Iztihadun (2019) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH UNIT RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029347_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500029347_NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (232kB)

Abstract

Latar Belakang : Kegiatan pemasaran merupakan suatu kegiatan penting untuk menjaga eksistensi
suatu rumah sakit sehingga tercapainya suatu tujuan dan kemajuan dari sebuah rumah sakit. Rumah
Sakit Universitas Ahmad Dahlan dipilih sebagai obyek dalam penelitian ini karena Rumah Sakit
Universitas Ahmad Dahlan merupakan rumah sakit yang memiliki lokasi yang strategis, dekat dengan
fasilitas - fasilitas umum seperti stadion olahraga, waterpark, kampus, sekolah, dan tempat tinggal
masyarakat setempat.
Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian
crossectional. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 84 sampel yang diperoleh dengan teknik simple
random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar kuesioner yang
berisi tentang pertanyaan tertulis yang digunakan untuk mengetahui data dari responden yang berupa
nama responden, jenis kelamin, umur, alamat, pekerjaan, serta pernyataan yang berhubungan dengan
bauran pemasaran.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara variabel produk (product) terhadap
keputusan pasien dengan nilai p value 0,007 (p< 0,05), ada hubungan antara variabel lokasi (place)
terhadap keputusan pasien dengan nilai p value 0,029 (p< 0,05), ada hubungan antara variabel promosi
(promotion) terhadap keputusan pasien dengan nilai p value 0,011 (p< 0,05), ada hubungan antara
variabel orang (people) terhadap keputusan pasien dengan nilai p value 0,023 (p< 0,05). Sedangkan
tidak ada hubungan antara variabel harga (price) terhadap keputusan pasien dengan nilai p value 0,250
(p> 0,05), tidak ada hubungan antara variabel proses (process) terhadap keputusan pasien dengan nilai
p value 0,100 (p> 0,05), tidak ada hubungan antara variabel pendukung fisik (physical evidence)
terhadap keputusan pasien dengan nilai p value 0,108 (p> 0,05). Kemudian berdasarkan hasil uji analisis
regresi variabel yang memiliki hubungan paling kuat terhadap keputusan pasien dalam memilih unit rawat
jalan di RS UAD adalah variabel produk dan pendukung fisik yang ditandai dengan nilai Sig. pada uji
analasis regresi linier pada masing-masing variabel sebesar 0,030 (p < 0,05).
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara produk (product), lokasi (place), promosi (promotion), dan
orang (people) terhadap keputusan pasien dalam memilih unit rawat jalan di Rumah Sakit Universitas
Ahmad Dahlan, dan variabel yang memiliki kekuatan paling kuat hubungannya terhadap keputusan
pasien adalah variabel produk (product) dan pendukung fisik (physical evidence)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 19:08
Last Modified: 23 Sep 2019 19:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14768

Actions (login required)

View Item View Item