HUBUNGAN ANTARA WORK FAMILY BALANCE DAN MINDFULNESS DENGAN KEBAHAGIAAN PADA KARYAWATI DI KOTA YOGYAKARTA

Nurjanah, Fatin (2019) HUBUNGAN ANTARA WORK FAMILY BALANCE DAN MINDFULNESS DENGAN KEBAHAGIAAN PADA KARYAWATI DI KOTA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500013093_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500013093_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji hubungan antara work family balance dan mindfulness dengan kebahagiaan pada karyawati di kota Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah karyawati di Universitas Ahmad Dahlan dan Kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah kota Yogyakarta. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 50 karyawati di Universitas Ahmad Dahlan dan 50 karyawati di Kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah kota Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan skala sebagai alat pengumpulan data. Skala yang digunakan yaitu skala kebahagiaan, work family balance dan mindfulness. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan komputer program SPSS versi 20.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara work family balance dan mindfulness dengan kebahagiaan, hal ini dapat diketahui dari nilai koefisien R sebesar 0,529 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01). Hubungan antara work family balance dengan kebahagiaan diterima, hal tersebut dapat dilihat dari koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,455 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01) dan hubungan antara mindfulness dengan kebahagiaan juga diterima hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,453 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01). Work family balance dan mindfulness secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 28,01% terhadap kebahagiaan. Sementara sisanya merupakan sumbangan dari faktor atau variabel lain di luar work family balance dan mindfulness.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara work family balance dan mindfulness dengan kebahagiaan pada karyawati di kota Yogyakarta. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 19:32
Last Modified: 23 Sep 2019 19:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14792

Actions (login required)

View Item View Item