PENGARUH PEMBERIAN BUKU SAKU TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SAFETY RIDING PADA SISWA KELAS X DAN XI JURUSAN TBSM (TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR) SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Lestari, Desy Anif and Artanto, Machfudz Eko (2019) PENGARUH PEMBERIAN BUKU SAKU TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SAFETY RIDING PADA SISWA KELAS X DAN XI JURUSAN TBSM (TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR) SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029002_NASKAH_PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500029002_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (143kB)

Abstract

Latar Belakang: Remaja merupakan salah satu segmen terbesar penyumbang kecelakaan lalu lintas. Usia 13-18 tahun adalah usia remaja awal dimana usia tersebut mereka cenderung melalaikan faktor keselamatan dirinya dan orang lain1. Pengetahuan keselamatan berkendara yang dikenal dengan safety riding menjadi bekal awal yang harus dimiliki sebelum berkendara di jalan raya. Tetapi sulitnya menemukan materi tentang safety riding yang tepat bagi remaja membuat remaja sulit untuk memahami isi dari kandungan materi keselamatan berkendara. Maka pentingnya sebuah media dalam membantu mempermudah penyampaian informasi2. Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta kelas X belum pernah mengikuti sosialisasi safety riding sedangkan untuk kelas XI hanya sebagian siswa saja yang sudah mengikuti sosialisasi.
Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimental3, dengan rancangan one group pre-test post-test design4. Teknik sampling yang digunakan adalah total population dengan besar sampel sebanyak 76 siswa SMK. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji alternativ Wilcoxon.
Hasil: Sebelum diberikan buku saku safety riding dari 20 pertanyaan yang paling banyak dengan jawaban benar yaitu pertanyaan nomer 17 sebanyak 73 responden (90,6%), sedangkan setelah diberikan buku saku safety riding dari 20 pertanyaan yang paling banyak dengan jawaban benar yaitu pertanyaan nomer 18 sebanyak 76 responden (100%). Nilai rata-rata pretest adalah 14.75 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 17,24 dan terdapat perbedaan rata-rata selisih sebesar 2,66 dengan p-value 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa secara statistik bermakna dan ada peningkatan pengetahuan siswa setelah diberikan buku saku.
Kesimpulan: Ada perbedaan rerata pengetahuan safety riding sebelum dan sesudah diberikan buku saku pada siswa kelas X dan XI jurusan TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dimana p-value 0,000.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 19:32
Last Modified: 23 Sep 2019 19:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14793

Actions (login required)

View Item View Item