Optimasi Model Transportasi dengan Menggunakan Program Solver Study Kasus : PDAM Kabupaten Magelang

Nugraha, Widastira Eka (2019) Optimasi Model Transportasi dengan Menggunakan Program Solver Study Kasus : PDAM Kabupaten Magelang. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_12B15018_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_12B15018_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (807kB)

Abstract

Model Optimasi merupakan salah satu model analisis system yang diidentikan dengan operation research. Model transportasi berkaitan dengan penentuan rencana biaya terendah untuk mengirimkan satu barang dari sejumlah sumber (misalnya pabrik) ke sejumlah tujuan (misalnya gudang). Program linier (linear programming) merupakan model optimasi persamaan linear yang berkenaan dengan masalah – masalah pertidaksamaan linear. Masalah program linear berarti masalah nilai optimum (maksimum atau minimum) sebuah fungsi linear pada suatu sistem pertidaksamaan linear yang harus memenuhi optimasi fungsi objektif. Program solver adalah program add - in yang berada dibawah program excel. Program solver ini berisi tentang perintah – perintah yang berfungsi untuk melakukan analisis terhadap masalah optimalisasi. Solver merupakan salah satu fasilitas tambahan / optional yang disediakan oleh Microsoft Excel yang berfungsi untuk mencari nilai optimal suatu formula pada satu sel saja (yang biasa disebut sebagai sel target) pada worksheet/lembar kerja. Program solver ini berisi perintah-perintah yang berfungsi untuk melakukan analisis terhadap masalah optimasi. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada PDAM Kab Magelang bahwa dalam pendistribusian air selanjutnya dapat mengaplikasikan metode Transportasi dengan menggunakan bantuan Program Solver sehingga biaya yang dikeluarkan minimum. Dari hasil analisis transportasi dengan program solver di atas dapat menjawab tujuan peneliti bahwa biaya pendistribusian untuk Air sebesar Rp. 241.872,6 yang berarti perlu adanya perubahan rute transportasi dari sumber air ke tujuan agar diperoleh biaya yang minimum

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Mathematics (S1-Matematika)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 19:55
Last Modified: 23 Sep 2019 19:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14800

Actions (login required)

View Item View Item