HARGA DIRI SISWA SMK YANG MENJADI KORBAN BULLYING DI YOGYAKARTA

Rakhmawati, Siti Harni (2019) HARGA DIRI SISWA SMK YANG MENJADI KORBAN BULLYING DI YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500013339_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500013339_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran harga diri dan faktor-faktor yang mempengaruhi harga diri siswa SMK yang menjadi korban bullying di Yogyakarta. Subjek dalam penelitian berjumlah dua orang, yaitu perempuan dan laki-laki yang merupakan korban bullying di sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kriteria usia 15-18 tahun dan bersekolah di SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Keterpercayaan penelitian menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber yaitu melakukan crosscheck dengan significant person.
Berdasarkan hasil penelitian, subjek 1 tidak dapat memenuhi aspek power seperti tidak mampu mengendalikan atau mempengaruhi orang lain. Pada aspek virtue subjek tidak dapat memenuhi, dibuktikan dengan subjek seringkali melanggar peraturan sekolah dan lalu lintas. Pada aspek competence, subjek kurang memiliki motivasi untuk berprestasi. Namun pada aspek significance baik, seperti subjek mendapat perhatian dari sebagian teman dan keluarga. Subjek 2 memenuhi aspek power seperti mampu mengendalikan orang lain, aspek virtue subjek taat pada peraturan sekolah dan lalu lintas dan pada aspek competence, subjek memiliki motivasi yang baik untuk berhasil di bidang akademik. Namun pada aspek significance tidak memenuhi, dibuktikan dengan bahwa subjek tidak mendapat perhatian dari teman di sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa subjek 1 memiliki harga diri yang kurang baik dan subjek 2 memiliki harga diri yang cukup baik. Selain faktor dihargai oleh orang terdekat, pengalaman keberhasilan, status dan posisi, nilai dan aspirasi dan cara individu merespon orang lain serta ada temuan baru di lapangan yaitu faktor dukungan keluarga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 19:57
Last Modified: 23 Sep 2019 19:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14801

Actions (login required)

View Item View Item