HARGA DIRI IBU DARI ANAK AUTIS YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA

Andriani, Luluk (2019) HARGA DIRI IBU DARI ANAK AUTIS YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500013282_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500013282_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran harga diri ibu dari anak autis yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa Tunas Kasih Sedayu Bantul Yogyakarta dan faktor yang dapat mempengaruhi harga diri ibu dari anak autis
yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa Tunas Kasih Sedayu Bantul Yogyakarta. Proses pengumpulan data pada penelitian ini berlangsung pada tanggal 16 Juni 2019 hingga tanggal 26 Juni 2019.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Tekhnik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yakni, ibu yang memiliki anak autis yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur dan observasi terstruktur. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan cara melakukan wawancara kepada significant person dan triangulasi metode dengan wawancara dan observasi.
Hasil temuan penelitian pada harga diri subjek M menunjukkan bahwa aspek power subjek memiliki kemampuan untuk mengatur perilaku dan tingkah laku dari orang lain. Aspek significance subjek mendapatkan kepedulian atau afeksi dari orang terdekat seperti suami dan ibu subjek. Akan tetapi, pada aspek virtue subjek kurang mentaati peraturan yang berlaku. Pada aspek competence subjek cenderung berusaha untuk mengembangkan potensi pada diri subjek, mencoba hal baru, serta mencoba memenuhi tuntutan yang ada. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi harga diri. Pada faktor respectful, accepting, and concerned, faktor history of succeses, values and aspirations, dan faktor responding to devaluation. Peneliti menemukan temuan baru di lapangan yakni faktor religiosity yang mempengaruhi harga diri subjek. Hasil temuan penelitian pada harga diri subjek G menunjukkan bahwa aspek power subjek memiliki
kemampuan untuk mengatur perilaku dan tingkah laku orang lain yang ada di sekitar subjek. Pada aspek significance subjek mendapatkan kepedulian dari orang terdekat seperti adik dan tetangga sekitar rumah subjek. Akan tetapi, pada aspek virtue subjek kurang mentaati peraturan yang berlaku. Aspek competence subjek berusaha mengembangkan potensi subjek, mencoba hal baru, akan tetapi subjek masih belum berani mencoba memenuhi tuntutan dari sekitar. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi harga diri. Pada faktor respectful, accepting, and concerned, faktor history of succeses, values and aspirations, dan faktor responding to devaluation. Peneliti menemukan temuan baru dilapangan yakni faktor religiosity yang mempengaruhi harga diri subjek.
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa harga diri pada ibu dari anak autis yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa dapat ditarik kesimpulan bahwa harga diri kedua subjek, baik itu subjek M maupun subjek G cenderung mempunyai harga diri yang cukup baik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 20:03
Last Modified: 23 Sep 2019 20:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14802

Actions (login required)

View Item View Item