Pengukuran Tingkat Kematangan Kinerja Teknologi Informasi pada Perpustakaan Menggunakan COBIT 4.1

Nuranfhalia, Ulfa (2019) Pengukuran Tingkat Kematangan Kinerja Teknologi Informasi pada Perpustakaan Menggunakan COBIT 4.1. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1400016021_Naskah Publikasi.pdf] Text
T1_1400016021_Naskah Publikasi.pdf

Download (170kB)

Abstract

Kinerja teknologi informasi di MTsN 1 Yogyakarta diperlukan untuk mendukung layanan perpustakaan karena kurang nya kesadaran dalam pemanfaatan TI dan tidak ada pelatihan untuk meningkatkan layanan perpustakaan, maka untuk meningkatkan layanan perpustakaan tersebut dengan melakukan pengukuran secara berkala, namun sekolah belum melakukan pengukuran dan belum memiliki alat ukur untuk mengukur tingkat kematangan kinerja TI. Penelitian ini dilakukan untuk membuat alat ukur, melakukan pengukuran terhadap kinerja TI serta memberikan rekomendasi untuk peningkatan kualitas layanan sistem perpustakaan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran tingkat kematangan kinerja TI menggunakan Control Objective for Information and Related Technology (COBIT) 4.1, dengan menggunakan COBIT bisa membantu pengelola dalam masalah-masalah TI pada layanan perpustakaan.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas kepada responden yang telah di tentukan. Kuesioner merupalan alat ukur yang dibuat berdasarkan COBIT dengan domain yang telah di tentukan yaitu Deliver and Support (DS). Setelah kuesioner diisi oleh responden, maka hasil dari pengolahan data kemudian dianalisis untuk menentukan rekomendasi. Setelah dilakukan rekomendasi maka rekomendasi dapat diterapkan.
Berdasarkan hasil analisis pengukuran tingkat kematangan kinerja TI pada layanan perpustakaan yang telah dilakukan menhasilkan nilai rata-rata 2,79 yang menunjukkan pada level tingkat 3 yaitu defined artinya memiliki aturan-aturan prosedur yang telah memenuhi standar dan telah didokumentasikan serta dikomunikasikan namun tahap implementasi bergantung pada masing-masing pegawai. Kematangan dapat ditingkatkan ke level terdekat berdasarkan rekomendasi perbaikan selanjutnya

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 20:08
Last Modified: 23 Sep 2019 20:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14805

Actions (login required)

View Item View Item