Assessment IT di Bagian Kurikulum Sekolah Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus SMP Negeri 2 Playen)

Febrianto, Dhanang and Handayaningsih, Sri (2019) Assessment IT di Bagian Kurikulum Sekolah Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus SMP Negeri 2 Playen). Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1300016012_Naskah Publikasi.pdf]
Preview
Text
T1_1300016012_Naskah Publikasi.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan informasi yang cepat, andal, dan akurat dalam kondisi lingkungan yang penuh ketidakpastian mutlak diperlukan. Saat ini, di SMP Negeri 2 Playen khususnya di bidang kurikulum saat ini staff dan karyawan belum handal/menguasai perihal teknologi, sehingga pemanfaatan teknologi masih tergolong minimal. Untuk itu perlu dilakukan sebuah penilaian (assessment) di bagian kurikulum sekolah. Proses assessment pada penelitian ini menggunakan kerangka kerja COBIT 5. Metode assessment yang dilakukan mencangkup : (1) Pemetaan COBIT, meliputi pemetaan tujuan strategis organisasi kemudian dihubungkan dengan Enterprise Goals, IT-Related Goals, dan domain Process. (2) Mengukur nilai capability level berdasarkan data kuisioner. (3) Menentukan nilai current capability, serta melakukan analisa kesenjangan. (4) Memberikan rekomendasi aktivitas perbaikan. Hasil assessment menunjukkan tingkat Capability Level proses APO04 berapa pada level 1, proses BAI05 dan BAI07 berapa pada level 2. Rating scale dari ketiga domain proses tersebut sama-sama menunjukkan nilai P “partialy achieved”. Kemudian dibuat rencana/rekomendasi solusi perbaikan mencapai nilai F “fully achieved” di setiap level kematangan kapabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 20:10
Last Modified: 23 Sep 2019 20:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item View Item