IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KARAKTER TOLERANSI DAN DEMOKRATIS DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA

Ningsih, Marsita Ayu Mulya and Dewi, Kirana Prama (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KARAKTER TOLERANSI DAN DEMOKRATIS DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500005026_Naskah Publikasi.pdf]
Preview
Text
T1_1500005026_Naskah Publikasi.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya konflik dan kekerasan yang diakibatkan oleh adanya keragaman di Indonesia, sehingga dilakukan penelitian implementasi pendidikan multikultural berbasis nilai karakter toleransi dan demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi pendidikan multikultural berbasis karakter toleransi dan demokratis di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa, 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan multikultural berbasis karakter toleransi dan demokratis di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi pendidikan multikultural berbasis karakter toleransi dan demokratis di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta dilakukan melalui tahap: a) Perencanaan yang dilakukan adalah menetapkan program dalam satu tahun ke depan melalui visi, misi, dan tujuan yang sudah ditetapkan. b) Pelaksanaan dilakukan melalui program pengembangan diri, pengembangan dalam budaya sekolah, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan pengembangan dalam proses pembelajaran. c) Tahap evaluasi, guru memiliki catatan program dan kegiatan yang sudah terlaksana dan belum terlaksana, kontrol dan monitoring, serta musyawarah pelaksanaan implementasi pendidikan multikultural berbasis karakter toleransi dan demokratis. 2) Faktor pendukungnya meliputi iklim sekolah, sarana prasarana, peran guru, program dan kegiatan sekolah, serta interaksi antarkomponen di sekolah. Faktor penghambatnya adalah
kurangnya media keberagaman, sosialisasi tentang pendidikan multikultural dan sikap individu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 20:29
Last Modified: 23 Sep 2019 20:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14809

Actions (login required)

View Item View Item