UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS VII F SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 IMOGIRI KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019

Andriani, Lisa and Hamzah, M.Pd, Drs. Romelan (2019) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS VII F SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 IMOGIRI KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500006081_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500006081_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika dan kurang tertarik pada penjelasan guru. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas VII F Semester Genap SMP Negeri 1 Imogiri Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setting penelitian ini adalah setting kelas yang dilaksanakan di kelas VII F semester genap SMP Negeri 1 Imogiri yang berjumlah 30 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Uji instrumen penelitian yang dilaksanakan menggunakan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Imogiri kabupaten Bantul tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 60,69% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 74,86% (aktif). Hasil wawancara diperoleh keterangan bahwa secara umum siswa tertarik dan merasa senang dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Aktivitas, model pembelajaran, Teams Games Tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 20:34
Last Modified: 23 Sep 2019 20:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14811

Actions (login required)

View Item View Item