IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KARAKTER TOLERANSI DAN DEMOKRATIS DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA

Ningsih, Marsita Ayu Mulya (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KARAKTER TOLERANSI DAN DEMOKRATIS DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500005026_Naskah Publikasi.pdf]
Preview
Text
T1_1500005026_Naskah Publikasi.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya konflik dan kekerasan yang diakibatkan oleh
adanya keragaman di Indonesia, sehingga dilakukan penelitian implementasi pendidikan
multikultural berbasis nilai karakter toleransi dan demokratis. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui: 1) implementasi pendidikan multikultural berbasis karakter toleransi
dan demokratis di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa, 2) faktor pendukung dan
penghambat implementasi pendidikan multikultural berbasis karakter toleransi dan
demokratis di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah
kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi pendidikan multikultural
berbasis karakter toleransi dan demokratis di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa
Yogyakarta dilakukan melalui tahap: a) Perencanaan yang dilakukan adalah menetapkan
program dalam satu tahun ke depan melalui visi, misi, dan tujuan yang sudah ditetapkan.
b) Pelaksanaan dilakukan melalui program pengembangan diri, pengembangan dalam
budaya sekolah, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan pengembangan dalam proses
pembelajaran. c) Tahap evaluasi, guru memiliki catatan program dan kegiatan yang sudah
terlaksana dan belum terlaksana, kontrol dan monitoring, serta musyawarah pelaksanaan
implementasi pendidikan multikultural berbasis karakter toleransi dan demokratis. 2)
Faktor pendukungnya meliputi iklim sekolah, sarana prasarana, peran guru, program dan
kegiatan sekolah, serta interaksi antarkomponen di sekolah. Faktor penghambatnya adalah
kurangnya media keberagaman, sosialisasi tentang pendidikan multikultural dan sikap
individu.
Kata kunci: Pendidikan Multikultural, Karakter Toleransi, Karakter Demokratis

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 19:32
Last Modified: 23 Sep 2019 19:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14812

Actions (login required)

View Item View Item