Repository Universitas Ahmad Dahlan

UPAYA MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BEJI

Proborini, Tri and Hidayat, Panji (2019) UPAYA MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BEJI. bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img]
Preview
Text
T1_1500005005_Naskah Publikasi.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kerja sama dan hasil belajar pada pembelajaran IPA peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Beji. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kerja sama dan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan lembar observasi, soal pre test, dan soal post test. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningktkan kerja sama dan hasil belajar peserta didik kelas IV. Hasil tindakan pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata kerja sama sebesar 37,15% (kurang) sedangkan pertemuan 2 meningkat menjadi 44,44% (cukup) selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 terjadi peningkatan kerja sama sebesar 65,45% (baik) dan pada pertemuan 2 meningkat sebesar 77,42% (baik). Perolehan hasil belajar sebelum tindakan sebesar 33,33%, setelah tindakan pada siklus I meningkat menjadi 70,83%, dan meningkat pada siklus II menjadi 79,17%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Beji.

Item Type: Naskah Publikasi (bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 20:30
Last Modified: 23 Sep 2019 20:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14813

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.