Pengembangan Panduan Penilaian Berbasis E-Portofolio Menggunakan Edmodo dalam pembelajaran praktikum fisika untuk Sekolah Menengah Atas

Optiana, Novika and Muchlas, Dr. (2019) Pengembangan Panduan Penilaian Berbasis E-Portofolio Menggunakan Edmodo dalam pembelajaran praktikum fisika untuk Sekolah Menengah Atas. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500007040_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500007040_NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul panduan praktikum berbasis E-portofolio untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan memperoleh informasi kelayakan modul panduan praktikum berbasis E-portofolio untuk Sekolah Menengah Atas. Metode pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model Borg & Gall. Tahapannya adalah identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Subjek penelitian untuk uji coba produk terdiri atas ahli materi, ahli media dan peserta didik di kelas XI IPA MAN 1 Yogyakarta. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dengan kriteria menurut buku sugiyono. Hasil penelitian ini menunjukan kelayakan panduan praktikum berbasis EPortofolio sebesar 84,56% oleh Ahli Materi dengan kategori sangat layak, 84,52% oleh ahli media dengan kategori layak, 84,56% oleh penilaian peserta didik kelas XI IPA dengan kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum berbasis E-Portofolio materi gerak harmonik sederhana pada pegas yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai panduan praktikum yang dapat digunakan di manapun dan kapanpun.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 18:55
Last Modified: 23 Sep 2019 19:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14816

Actions (login required)

View Item View Item