Implementasi Model Pembelajaran TAI terhadap Oral activities dan Hasil Belajar Ranah Kognitif C1-C4 IPA Siswa Kelas VIII Materi Sistem Ekskresi di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta

Kusumasari, Sri Eka (2019) Implementasi Model Pembelajaran TAI terhadap Oral activities dan Hasil Belajar Ranah Kognitif C1-C4 IPA Siswa Kelas VIII Materi Sistem Ekskresi di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500008143_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500008143_NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPA yang masih monoton membuat siswa kurang
tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran. Kurangnya aktivitas siswa dalam
pembelajaran membuat nilai rata-rata kelas ulangan harian dibawah KKM.
Pembelajaran dengan model TAI diharapkan membuat siswa lebih mudah
memehami materi dengan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Team
Assisted Individualization (TAI) terhadap oral activities dan hasil belajar ranah
kognitif C1-C4 IPA siswa kelas VIII materi sistem ekskresi di SMP
Muhammadiyah 9 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain
penelitian posttest-only control design dan teknik sampling simple random
sampling. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 9 Yogyakarta T.A 2018/2019. Sampel dalam penelitian adalah
VIIIA (kelas eksperimen) dan VIIID (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data
dengan cara observasi dan tes dengan instrumen penelitian berupa lembar
observasi dan soal tes. Data yang diperoleh dianalis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil analisis lembar observasi oral activities menunjukkan rata-rata
persentase keseluruhan oral activities kelas eksperimen yaitu 53,29%
sedangkan pada kelas kontrol yaitu 40,37%. Berdasarkan hasil uji independent
sample t-test pada data oral activities menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,917
> 2,003. Sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan oral activities antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar
diperoleh rata-ra posttest kelas kontrol 73,57 dan kelas eksperimen 64,60. Hasil
uji mann whithney data hasil belajar diperoleh nilai signifikan 0,001 < 0,05.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar kelas
kontrol dan kelas eksperimen.
Kata kunci: model, TAI, oral activities.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 18:49
Last Modified: 20 Aug 2020 03:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14819

Actions (login required)

View Item View Item