Repository Universitas Ahmad Dahlan

Implementasi Model Pembelajaran TAI terhadap Oral activities dan Hasil Belajar Ranah Kognitif C1-C4 IPA Siswa Kelas VIII Materi Sistem Ekskresi di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta

Kusumasari, Sri Eka (2019) Implementasi Model Pembelajaran TAI terhadap Oral activities dan Hasil Belajar Ranah Kognitif C1-C4 IPA Siswa Kelas VIII Materi Sistem Ekskresi di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img]
Preview
Text
T1_1500008143_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPA yang masih monoton membuat siswa kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran. Kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran membuat nilai rata-rata kelas ulangan harian dibawah KKM. Pembelajaran dengan model TAI diharapkan membuat siswa lebih mudah memehami materi dengan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap oral activities dan hasil belajar ranah kognitif C1-C4 IPA siswa kelas VIII materi sistem ekskresi di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design dan teknik sampling simple random sampling. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta T.A 2018/2019. Sampel dalam penelitian adalah VIIIA (kelas eksperimen) dan VIIID (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan soal tes. Data yang diperoleh dianalis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis lembar observasi oral activities menunjukkan rata-rata persentase keseluruhan oral activities kelas eksperimen yaitu 53,29% sedangkan pada kelas kontrol yaitu 40,37%. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test pada data oral activities menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,917 > 2,003. Sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan oral activities antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar diperoleh rata-ra posttest kelas kontrol 73,57 dan kelas eksperimen 64,60. Hasil uji mann whithney data hasil belajar diperoleh nilai signifikan 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata kunci: model, TAI, oral activities.

Item Type: Naskah Publikasi (bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Sep 2019 18:49
Last Modified: 23 Sep 2019 18:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14819

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.