HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, PENDIDIKAN, USIA, JENIS KELAMIN DAN MASA KERJA KARYAWAN DENGAN VOLUME SAMPAH KERTAS DI BIRO LEMBAGA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Wulandari, Gita and Mutasari, Surahma Asti (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, PENDIDIKAN, USIA, JENIS KELAMIN DAN MASA KERJA KARYAWAN DENGAN VOLUME SAMPAH KERTAS DI BIRO LEMBAGA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029099_NASKAH_PUBLIKASI(1).pdf]
Preview
Text
T1_1500029099_NASKAH_PUBLIKASI(1).pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Sebuah tempat penyelenggaraan akademik merupakan salah satu sumber penghasil sampah kertas yang tinggi di suatu wilayah. Sumber utama sampah kertas di Perguruan Tinggi berasal dari pelayanan akademik seperti kantor biro dan lembaga. Biro dan lembaga universitas berfungsi melayani keperluan akademik mahasiswa dan keperluan universitas yang secara langsung berhubungan dengan penggunaan kertas. Karyawan biro lembaga menggunakan kertas dalam kegiatan pembuatan dokumen, laporan, surat, undangan dan segala keperluan mahasiswa yang melibatkan kertas. Berbagai kegiatan karyawan yang menggunakan kertas memicu peningkatan volume sampah kertas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan, sikap, pendidikan, usia, jenis kelamin dan masa kerja karyawan dengan volume sampah kertas di Biro Lembaga Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan desain cross sectional. Subjek penelitian adalah karyawan Biro Lembaga Universitas Ahmad Dahlan yang berjumlah 73 karyawan dan objek penelitian volume sampah kertas. Instrumen penelitian yaitu kuesioner, checklist. Serta dilakukan penimbangan sampah kertas. Analisis data yaitu dengan analisis univariat dan analisis bivariat.
Hasil: Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak ada hubungan antara usia dengan volume sampah kertas p value = 1,000, tidak ada hubungan antara jenis kelamin dengan volume sampah kertas p value = 0,559, tidak ada hubungan antara masa kerja dengan volume sampah kertas p value = 0,136. Variabel pengetahuan, sikap dan pendidikan hanya dianalisis secara deskriptif karena terdapat sel yang kosong (0) pada tabel 2x2.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara usia, jenis kelamin dan masa kerja karyawan dengan volume sampah kertas di Biro Lembaga Universitas Ahmad Dahlan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 24 Sep 2019 02:44
Last Modified: 24 Sep 2019 02:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14821

Actions (login required)

View Item View Item