EVALUASI PROGRAM PNEUMONIA BALITA DI KABUPATEN SLEMAN

Amala, Sholehatun Khairul (2019) EVALUASI PROGRAM PNEUMONIA BALITA DI KABUPATEN SLEMAN. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029227_Naskah Publikasi.pdf]
Preview
Text
T1_1500029227_Naskah Publikasi.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Pneumonia masih menjadi perhatian di negara maju maupun negara berkembang karena masuk dalam 10 besar penyakit. Pneumonia merupakan salah satu penyakit infeksi yang menyebabkan kesakitan dan kematian pada balita. Cakupan penemuan Pneumonia di Kabupaten Sleman belum memenuhi target nasional dan Kabupaten. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi program penemuan pneumonia balita di Puskesmas wilayah kerja Kabupaten Sleman.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mix methods) dengan pendekatan sekuensial eksplanatori. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian kuantitatif berjumlah 25 puskesmas di Kabupaten Sleman. Sampel kualitatif terdiri dari 1 informan kunci dan 6 informan triangulasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar check list dan panduan wawancara, sedangkan alat yang digunakan adalah handphone, log book dan flashdisk. Analisis data kuantitatif menggunakan Microsoft Exel 2010.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan semua puskesmas di Kabupaten Sleman telah mencapai standar tatalaksana Pneumonia balita minimal 60%, sedangkan pada cakupan target penemuan Pneumonia balita semua puskesmas masih di awah target perkiraan kasus. Hal tersebut disebabkan oleh faktor input yaitu tenaga SDM yang kurang, rangkap jabatan, seringnya pergantian pemegang program, sarana prasarana yang kurang dimanfaatkan dan perbaikan alat yang rusak, serta anggaran dana yang tidak di khususkan untuk program Pneumonia balita. Faktor proses yaitu tidak ada perencanaan khusus, pelaksanaan tidak berjalan dengan efektif dan kesehatan yang pasif dalam penemuan kasus, pemantauan yang dilakukan dengan melihat peningkatan dan penurunana cakupan target perbulan. Faktor feedback yang dilakukan puskesmas sudah baik di lihat dari pencatatan dan pelaporan yang dikirim setiap bulan.
Kesimpulan: Cakupan penemuan Pneumonia balita tidak memenuhi target dari perkiraan kasus karena terdapat beberapa hambatan dari aspek input, proses dan output dalam pelaksanaan program Pneumonia balita di Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 24 Sep 2019 02:47
Last Modified: 24 Sep 2019 03:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14824

Actions (login required)

View Item View Item