HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG TOILET TRAINING DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TK A DAN TK B DI TK PKK JOTAWANG YOGYAKARTA

RASYADA, ADILA (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG TOILET TRAINING DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TK A DAN TK B DI TK PKK JOTAWANG YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1400002003_Naskah PUblikasi.pdf]
Preview
Text
T1_1400002003_Naskah PUblikasi.pdf

Download (562kB) | Preview

Abstract

Pengetahuan tentang toilet training sangatlah penting bagi ibu, dengan adanya pengetahuan dan pemahaman tentang toilet training maka ibu akan mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan yang telah dimiliki anaknya. Dalam mengajarkan toilet training dibutuhkan metode atau cara yang tepat sehingga mudah dimengerti oleh anak serta perlu kesabaran bagi ibu untuk melatih anak tahap demi tahap sehingga toilet training berhasil diterapkan oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training terhadap keberhasilan toilet training pada anak usia TK A dan TK B di TK PKK 22 Jotawang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Variabel penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training dan variabel terikat berupa keberhasilan toilet training. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia TK A dan TK B di TK PKK 22 Jotawang sejumlah 44 anak. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh atau sampel total. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dengan jumlah 44 orang. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas konstruk dan validitas isi. Analisis data hasil penelitian dilakukan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linearitas, dan Uji Korelasi Product Moment dengan bantuan program komputer SPSS seri 17.0.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan tingkat pengetaguan ibu tentang toilet training dengan keberhasilan toilet training pada anak usia TK A dan TK B di TK PKK 22 Jotawang. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment variabel tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training dengan variabel keberhasilan menunjukkan nilai positif 0,472 besaran angka korelasi menunjukkan bahwa korelasi antara tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training dengan keberhasilan toilet training berada dalam katagori “sedang”. Sementara untuk nilai positif mengindikasikan pola hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training dengan keberhasilan toilet training adalah searah, semakin tinggi tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training maka semakin tinggi pula keberhasilan toilet training.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 24 Sep 2019 02:48
Last Modified: 24 Sep 2019 03:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14833

Actions (login required)

View Item View Item