Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Konsep Technological Pedagogocal Content Knowledge (TPACK) pada Materi gelombang Stasioner dan Gelombang Berjalan

Rizki Amalia, Hanin and Sulisworo, Dwi (2019) Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Konsep Technological Pedagogocal Content Knowledge (TPACK) pada Materi gelombang Stasioner dan Gelombang Berjalan. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500007025_Naskah Publikasi.pdf] Text
T1_1500007025_Naskah Publikasi.pdf

Download (971kB)

Abstract

Dalam proses evaluasi pembelajaran dan hasil belajar, guru menggunakan suatu alat ukur yang disebut dengan instrumen evaluasi. Instrumen evaluasi yang dirancang dengan baik dan sesuai dengan tingkatan kemampuan berpikir krtitis dapat meningkatkan daya berpikir siswa, khususnya keterampilan berpikir kritis Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuat instrumen evaluasi keterampilan berpikir kritis pada konsep TPACK yang valid dan reliabel, (2) mengetahui tingkat kesukaran butir soal materi Gelombang Stasioner dan Gelombang Berjalan kelas XI, (3) mengetahui daya pembeda butir soal materi Gelombang Stasioner dan Gelombang Berjalan kelas XI. Metode pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model 4D yaitu Define, Design, Development, Dissemination. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi oleh ahli, validitas tiap butir soal, reliabilitas butir soal, daya pembeda dan tingkat kesukaran tiap butir soal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Pengembangan instrumen evaluasi ini memperoleh kelayakan dari validator sebesar 86,67%, sehingga pengembangan instrumen evaluasi ini termasuk kategori "sangat layak". Sedangkan validitas butir soal pilihan ganda terdapat 70% soal valid dan 30% tidak valid, uraian 100% soal valid. Reliabilitas soal pilihan ganda 0,29 uraian 0,79. Daya beda soal pilihan ganda 10% soal baik, 20% soal jelek, 70% soal cukup, uraian 60% soal cukup, 40% soal jelek. Indeks kesukaran soal pilihan ganda 80% sedang, 20% mudah, uraian 60% sedang, 40% mudah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Physics (S1-Fisika)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 24 Sep 2019 02:51
Last Modified: 24 Sep 2019 03:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14844

Actions (login required)

View Item View Item