Repository Universitas Ahmad Dahlan

PENGETAHUAN APOTEKER DAN PENGELOLAAN OBAT-OBAT LASA (LOOK ALIKE SOUND ALIKE) DI APOTEK KABUPATEN KULON PROGO

Wulandari, Tika (2019) PENGETAHUAN APOTEKER DAN PENGELOLAAN OBAT-OBAT LASA (LOOK ALIKE SOUND ALIKE) DI APOTEK KABUPATEN KULON PROGO. bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500023170_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (69kB)

Abstract

LASA (Look Alike Sound Alike) merupakan obat-obat yang terlihat mirip atau terdengar mirip. LASA menjadi satu penyebab terjadinya medication errors khususnya pada fase dispensing. Dengan harapan untuk menurunkan angka kejadian medication erorrs, maka diperlukan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan Apoteker dan pengelolaan obat-obat LASA khususnya di Apotek Kabupaten Kulon Progo. Desain penelitian observasional dilakukan dengan memberikan lembar kuesioner kepada Apoteker yang bekerja di Apotek Kulon Progo. Jumlah populasi sebanyak 57 yang seluruhnya menjadi sampel dengan mengisi lembar persetujuan sebagai responden. Data yang diperoleh dilakukan skoring dan dianalisis dengan metode chi-square untuk melihat hubungan antar variabel yang diuji. Interpretasi hasil berupa persentase dan nilai signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan baik (sebesar 66,7%), pengelolaan kurang baik (70,6%), dan tidak pernah terjadi medication erorrs (sebesar 68,6%). Tidak ada hubungan antara pengetahuan dan pengelolaan (p=0,328), antara pengelolaan dan medication erorrs (p=0,749), dan antara lama bekerja dan pengetahuan (p=0,089). Sedangkan terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan dan medication erorrs (p=0,008). Kesimpulannya adalah pengetahuan Apoteker terkait obat LASA baik, pengelolaan obat LASA kurang baik, dan sebagian besar kejadian medication erorrs tidak pernah terjadi di Apotek Kulon Progo. Terdapat hubungan antara pengetahuan dan medication erorrs, dan tidak ada hubungan antara pengetahuan dan pengelolaan, pengelolaan dan medication erorrs, serta lama bekerja dan pengetahuan.

Item Type: Naskah Publikasi (bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Pengelolaan, Apoteker, LASA
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > S1-Pharmacy (S1-Farmasi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 25 Sep 2019 06:03
Last Modified: 25 Sep 2019 06:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14872

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.