ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA INDUSTRI KECIL (Studi Kasus Di UD Maju Makmur)

Prasetiyawan, Yoni (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA INDUSTRI KECIL (Studi Kasus Di UD Maju Makmur). Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500019062_JURNAL.pdf]
Preview
Text
T1_1500019062_JURNAL.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri mendorong UMKM untuk mempertimbangkan secara matang kualitas sumber daya manusia,salah satu hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah Produktivitas karyawan. UD Maju Makmur merupakan pabrik yang bergerak di bidang pembuatan Bare Core. Untuk mencapai keuntungan yang maksimal pabrik harus memenuhi target produksi yang telah ditetapkan sebesar 390 lembar perminggu, namun UD Maju Makmur belum mampu memenuhi target yang telah ditetapkan. Berdasarkan wawancara dan observasi di pabrik terdapat beberapa masalah seperti lingkungan kerja yang kurang nyaman untuk karyawan, kemudian kedisiplinan karyawan karena sering ijin dan juga ada indikasi upah yang diterima karyawan kurang, hal tersebut dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Untuk itu Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor lingkungan kerja, disiplin kerja, upah, tingkat pendidikan.
Populasi penelitian ini 19 karyawan UD Maju Makmur. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner kemudian analisis dilakukan dengan metode regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel lingkungan kerja, disiplin kerja, upah, dan disiplin kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan dengan nilai sig yaitu (0.000 < 0.05). Pada uji t variabel lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas dengan nilai sig 0,01. Disiplin kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas dengan nilai sig 0,419. Upah, berpengaruh signifikan terhadap produktivitas dengan nilai sig 0,000. Pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas dengan nilai sig 0,124. Kemudian faktor yang paling berpengaruh adalah upah dengan nilai beta 0,665. Analisis koefisien determinasi 78,6 % lingkungan, disiplin, upah, dan pendidikan adalah faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan, sedangkan sisanya 21,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang belum diteliti.
Kata Kunci: Produktivitas Kerja, Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Upah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 27 Sep 2019 04:17
Last Modified: 27 Sep 2019 04:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14876

Actions (login required)

View Item View Item