Repository Universitas Ahmad Dahlan

ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI KM ALLUMINIUM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ma’arif, Ahmad Faizal (2019) ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI KM ALLUMINIUM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500019057_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (280kB)

Abstract

Menurut Dinas Koperasi dan UKM DIY, pada tahun 2015 jumlah UKM di Yogyakarta mencapai 230.047 unit, 95% perekonomian di Daerah Istimewa Yogyakarta disumbangkan oleh UKM. Banyaknya UKM menjadikan tingginya tingkat risiko keselamatan dan kesehatan kerja yang dapat terjadi kapanpun dan dimanapun, data yang dilansir dari BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta pada tahun 2017 menunjukkan angka kecelakaan kerja yang cukup tinggi yaitu mencapai 998 kasus. Risiko kecelakaan kerja yang mungkin timbul dapat diminimalkan dengan menerapkan manajemen risiko yang merupakan suatu pendekatan yang dilakukan terhadap risiko yaitu dengan memahami, mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko suatu pekerjaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan Hazard Identification Risk Assesment and Risk Control (HIRARC). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Jumlah narasumber yang dibutuhkan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang terdiri dari 1 orang sebagai pemilik UKM, dan 6 orang operator produksi dari setiap stasiun kerja. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 5 jenis bahaya yang terdapat pada seluruh proses produksi meliputi bahaya fisik, kimia, ergonomi dan mekanis. Terdapat 29 risiko dengan rincian risiko yaitu 3 risiko tingkat esktrem, 15 risiko tingkat high, 3 risiko tingkat medium, dan 8 risiko tingkat low. Pengendalian risiko yang telah direkomendasikan yaitu rekayasa engineering, administrasi dan alat pelindung diri (APD). Kata kunci: Analisis Risiko, HIRARC, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Mitigasi.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 27 Sep 2019 04:22
Last Modified: 27 Sep 2019 04:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14881

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.