PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF LEVEL C1-C4 SISWA KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 SRUMBUNG MAGELANG

Luftiana, Firdayanti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF LEVEL C1-C4 SISWA KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 SRUMBUNG MAGELANG. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500008027_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500008027_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan oleh guru di SMP Negeri 2 Srumbung dominan menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan kurangnya minat belajar pada siswa. Kurangnya minat belajar mengakibatkan siswa mengatuk saat proses pembelajaran. Kurangnya minat dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang menjadi rendah. Penggunaan model pembelajaraan Problem Based Learning (PBL) diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraan PBL terhadap minat dan hasil belajar C1-C4 siswa kelas VII pada materi pencemaran lingkungan di SMP N 2 Srumbung.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Srumbung yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 157 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan 2 kelas yaitu VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner, dan tes dengan instrumen observasi, angket, dan soal pilgan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan bantuan SPSS 20 untuk uji prasyarat dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (66,77 pretest dan 81,92 posttest) dan kelas kontrol (65,31 pretest dan 73,75 posttest). Rata-rata minat belajar kelas eksperimen (65,33% awal dan 84,80% akhir) dan kelas kontrol (65,90% awal dan 73,43% akhir). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap minat belajar siswa asymp sig < 0,05 yaitu 0,024 sehingga Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa karena t hitung > t tabel yaitu 2,095>2,02.

Kata kunci : Problem Based Learning, Minat belajar, Hasil Belajar C1-C4, Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 27 Sep 2019 04:47
Last Modified: 27 Sep 2019 04:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14885

Actions (login required)

View Item View Item