Repository Universitas Ahmad Dahlan

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SLEMAN YOGYAKARTA

Fadillah, Fathan Rizal (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SLEMAN YOGYAKARTA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN.

[img] Text
T1_1400005142_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (543kB)

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Sleman sudah berjalan selama 5 tahun. Dalam pra observasi yang telah dilakukan oleh peneliti pada hari Selasa 10 Oktober 2017, didapatkan hasil bahwa, pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum 2013 dapat dilakukan dengan baik walaupun ada beberapa kendala yang dialami oleh para guru. Sebagian guru menyebutkan bahwa Kurikulum 2013 mudah untuk diterapkan, lebih baik dan efektif untuk digunakan, namun ada guru menyebutkan bahwa Kurikulum 2013 kurang pas apabila diterapkan pada mata pelajaran bersifat praktek karena pelajaran praktek sulit diterapkan dengan metode pembelajaran scientific approach, project based learning, discovery learning.Dari hal tersebut peneliti ingin mendeskripsikan lebih dalam tentang implementasi kurikulum 2013 pada proses pembelajaran kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, serta hambatan yang ditemui guru dalam implementasi Kurikulum 2013 di kelas IV SD Muhammadiyah Sleman, dan upaya mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa kelas IV , dan kepala SD Muhammadiyah Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara,. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 guru sudah melaksanakan pembelajaran secara tematik integratif, menggunakan pendekatan pembelajaran scientific, dan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep Kurikulum 2013 dan dalam pelaksanaan pembelajaraan di kurikulum 2013 terdapat beberapa hambatan antara aloksai waktu yang kurang untuk proses pembelajaran, tidak terkaitnya KD antar mapel yang satu denganyang lain serta penguasaan KD setiap siswa berbeda-beda. Dari hambatan yang ada guru langsung membuat solusi untuk permasalahan yang ada. Kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Sekolah Dasar

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 27 Sep 2019 07:04
Last Modified: 27 Sep 2019 07:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14892

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.