Repository Universitas Ahmad Dahlan

HUBUNGAN LAMA TINGGAL, TINGKAT PENDAPATAN DAN PERILAKU BERISIKO DENGAN KEJADIAN DIARE WISATAWAN (TRAVELER’S DIARRHEA) DI KOTA YOGYAKARTA

Pratiwi, Tiara Zahra (2019) HUBUNGAN LAMA TINGGAL, TINGKAT PENDAPATAN DAN PERILAKU BERISIKO DENGAN KEJADIAN DIARE WISATAWAN (TRAVELER’S DIARRHEA) DI KOTA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN.

[img]
Preview
Text
T1_1500029323_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Diare wisatawan atau Traveler’s Diarrhea (TD) adalah masalah klinis yang terjadi pada saat melakukan perjalanan wisata yang disebabkan oleh makanan atau air yang tidak biasa dikonsumsi oleh manusia sehingga menimbulkan syok pencernaan. Pencernaan akan mengalami penolakan dengan buang air besar secara terus menerus dengan konsistensi cair dan lembek. Fokus penelitian ini di Kota Yogyakarta, karena merupakan daerah yang mengalami peningkatan pesat sebagai destinasi wisata para wisatawan nusantara. informasi terkait faktor risiko TD pada wisnus di Kota Yogyakarta masih terbatas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lama tinggal, tingkat pendapatan, dan perilaku berisiko dengan kejadian TD pada wisatawan nusanatara di Kota Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah wisatawan nusantara yang berkunjung di Kota Yogyakarta dan teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Responden yang memenuhi kriteria berjumlah 300 orang. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Chi Square. Nilai keyakinan uji statistik adalah 95% dan nilai kemaknaan (α) 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara lama tinggal (p=0,551), dan kebiasaan potong kuku (p=0,586). Ada hubungan antara tingkat pendapatan (p=0,015), konsumsi sayur mentah (p=011), dan konsumsi makanan belum matang (p-0,020) dengan kejadian TD. Kesimpulan: Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara lama tinggal dan kebiasaan potong kuku dengan kejadian TD, dan ada hubungan antara tingkat pendapatan, konsumsi sayur mentah dan konsumsi makanan belum matang dengan kejadian TD pada wisatawan nusantara di Kota yogyakarta Kata Kunci: Traveler’s Diarrhea, Lama Tinggal, Tingkat Pendapatan, Perilaku Berisiko

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 27 Sep 2019 07:25
Last Modified: 27 Sep 2019 07:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14897

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.