PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

Anasetiya Puri, Vindy (2019) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of TI_1500007052_PUBLIKASI.pdf] Text
TI_1500007052_PUBLIKASI.pdf

Download (267kB)

Abstract

Abad 21 ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat. Peserta didik dituntut dapat menguasailberbagai keterampilan agar dapat bersaing secara global. Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, guru belum menggunakan bahan ajar berbasis STEM dan sebagian peserta didik masih kesulitan memahami materi usaha dan energi yang disampaikan dalam buku teks yang mereka miliki. Selain itu belum tersedianya alat peraga materi usaha dan energi yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis STEM pada materi usaha dan energi.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan subjek peserta didik kelas X MIPA 2 sebanyak 23 orang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis STEM pada materi usaha dan energi; angket respon peserta didik terhadap LKPD. Dimana kegiatan tersebut meliputi (1) Kegiatan awal: guru menyampaikan materi yang akan dipelajari menggunakan LKPD berbasis STEM; (2) Kegiatan inti: peserta didik melakukan kegiatan praktikum sesuai petunjuk LKPD; (3) Kegiatan penutup: peser ta didik diminta untuk mengisi angket berupa respon terhadap LKPD yang telah dipelajari
Hasil penelitian setelah dilaksananya pembelajaran fisika menggunakan LKPD berbasis STEM diperoleh tingkat kelayakan dari ahli materi sebesar 84,86% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media sebesar 84,99% dengan kategori “Sangat Layak”, guru sebesar 93,84% dengan kategori “Sangat Layak”, teman sejawat sebesar 83,5% dengan kategori “Sangat Layak” dan respon peserta didik sebesar 81,87% dengan kategori “Sangat Layak”. Maka dapat diperoleh hasil rata-rata dari penilaian tersebut sebesar 83,80% dengan kategori “Sangat Layak”. Sehingga bahan ajar berupa LKPD berbasis STEM pada materi usaha dan energi sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Physics (S1-Fisika)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 01:46
Last Modified: 28 Sep 2019 01:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14902

Actions (login required)

View Item View Item