ANALISIS IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO

Dwi Nanda, Aditya and Hidayat, Panji (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500005155_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500005155_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Metode diskusi adalah metode yang berisi aktivitas dari sekelompok siswa,
berbicara saling bertukar informasi maupun sebuah argumen untuk menentukan keputusan
tertentu dalam mengatasi permasalahan yang ada secara bersama sama dalam pembelajran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode diskusi dalam
pembelajaran tematik kelas 4 SD Muhammadiyah Karangharjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif
deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan penulis untuk mendeskripsikan
bagaimana penerapan metode diskusi pada pembelajaran tematik kelas 4 SD
Muhammadiyah Karangharjo Sleman. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data
adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode diskusi dalam
pembelajaran tematik kelas 4 di SD Muhammadiyah Karangharjo dilakukan dengan 3
aspek yang meliputi 1) Persiapan Diskusi. merumuskan tujan, menentukan jenis diskusi,
menetapkan permasalahan, mempersiapkan keperluan diskusi. 2) Pelaksanaan Diskusi.
Memeriksa segala persiapan diskusi, memberikan pengarahan, melaksanakan diskusi
sesuai aturan, memberikan kesempatan yang adil kepada siswa, mengendalikan
pembicaraan kepada pokok pembahasan. 3) Penutup Diskusi. Membuat kesimpulan,
Mereview kegiatan diskusi. Terdapat hamabatan yang terjadi saat proses diskusi
berlangsung yaitu siswa sulit dikondisikan saat membentuk kelompok dan siswa terlihat
masih ramai saat diskusi. Dengan demikian dapat disimpulkan implementasi metode
diskusi dalam pembelajaran tematik kelas 4 SD Muhammadiyah Karangharjo
menggunakan 3 aspek yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penutup diskusi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Thematic learning, discussion methods, elementary school, Pembelajaran tematik, metode diskusi, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 01:47
Last Modified: 28 Sep 2019 01:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14903

Actions (login required)

View Item View Item