Repository Universitas Ahmad Dahlan

PENEGAKAN HUKUM TERHADAP AKSI UNJUK RASA MAHASISWA YANG MENIMBULKAN KERUSAKAN PADA FASILITAS UMUM DALAM TINJAUAN KRIMINOLOGI

Yuliawati, Yasintha (2019) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP AKSI UNJUK RASA MAHASISWA YANG MENIMBULKAN KERUSAKAN PADA FASILITAS UMUM DALAM TINJAUAN KRIMINOLOGI. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img]
Preview
Text
T1_1500024135_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Setiap manusia memiliki kebebasan, termasuk dalam kebebasan mengeluarkan pendapat di muka umum. Kebebasan mengeluarkan pendapat atau unjuk rasa yang dilakukan massa terbagi menjadi dua yaitu unjuk rasa damai dan unjuk rasa anarkis. Unjuk rasa belakang ini sering dilakukan dengan anarkis sehingga menimbulkan suatu kerugian terhadap barang ataupun jatuhnya korban. Penegak hukum harus tegas dalam menangani unjuk rasa yang kerusakan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (i) penegakan hukum yang dilakukan di Polda DIY (ii) faktor terjadinya unjuk rasa serta upaya preemtif dan preventif yang dilakukan kepolisian Polda DIY (iii) upaya penyelesaian unjuk rasa mahasiswa yang menimbulkan kerusakan pada fasilitas umum. Penelitan ini menggunakan penelitian kualitatif, selain itu jenis penelitian menggunakan metode sosiologi empiris yaitu penelitian hukum dengan memecahkan masalah suatu permasalahan dengan dilakukan penelitian dan implementasi data sekunder, yang menekan fokus perhatian pada ketentuan hukum positif mengenai kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran anggota Polda DIY dalam aksi unjuk rasa yang menimbulkan perusakan terhadap fasilitas umum ialah melakukan pengawalan, penjagaan perlindungan pelayanan dan pengayoman terhadap masyarakat.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 02:07
Last Modified: 28 Sep 2019 02:07
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14907

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.