PERANG DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL

Rukmini, Sinta Ayu (2019) PERANG DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500024025_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500024025_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (582kB)

Abstract

internasional dan terdiri dari peraturan-peraturan yang pada masa konflik bersenjata berusaha melindungi orang-orang yang tidak atau tidak dapat lagi terlibat dalam permusuhan dan untuk membatasi alat dan cara berperang yang digunakan untuk alasan-alasan kemanusiaan peraturan-peraturan tersebut membatasi pihak-pihak yang terlibat dalam konflik dalam hal pemilihan alat dan cara berperang, serta memberikan perlindungan kepada orang-orang dan hak milik yang terkena dampak dan kemungkinan besar akan terkena dampak dari konflik.
Penelitian ini mempunyai dua tujuan utamanya adalah untuk mengetahui konsep hukum mengenai Hukum Humaniter Islam dan Hukum Humaniter Internasional dan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan konsep hukum mengenai Hukum Humaniter Internasional dan Hukum Humaniter Islam. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data.
Hasil dari penelitian ini adalah Persamaan dan perbedaan antara Hukum Humaniter Internasional dan Hukum Humaniter Islam pada konsep umum yang menitikberatkan pada nilai-nilai kemanusian dan tujuan umum yang menghendaki adanya perlindungan terhadap pasukan perang maupun masyarakat sipil untuk menghindari penderitaan yang melampaui batas manusia. Dan adanya konsep kemanfaatan dan keadilan hukum. Harmonisasi Hukum Islam dan Hukum Humaniter Internasional dalam mengatur perlindungan hukum terhadap manusia akibat konflik bersenjata, adanya perlakuan yang wajar terhadap sesama manusia serta memberi hormat dan perlindungan (respect and protection).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 02:52
Last Modified: 28 Sep 2019 02:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14910

Actions (login required)

View Item View Item