Repository Universitas Ahmad Dahlan

TINJAUAN YURIDIS PENGANGKUTAN BARANG MELAUI LAUT DALAM BILL OF LADING

Pertiwi, Bella Restuning (2019) TINJAUAN YURIDIS PENGANGKUTAN BARANG MELAUI LAUT DALAM BILL OF LADING. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img]
Preview
Text
T1_1500024125_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika tanggung jawab pengangkut barang melalui laut. Fokus utama penelitan ini adalah pada tanggung jawab dan batasan – batasan pengangkut barang melalui laut dalam Bill of Lading. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang mengacu pada norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan dan putusan pengadilan serta norma – norma yang hidup dan berkembang dalam masyarakat. Selain itu metode yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode penelitian yuridis-normatif, yaitu penelitian yang difokuskan untuk mengkaji antara kaidah hukum atau norma – norma pada hukum positif dengan kasus – kasus konkrit yang terjadi dalam hal ini pada pengangkutan barang melalui laut dalam Bill of Lading. Meskipun dalam menggunakan metode yuridis-normatif, namun tidak menutup adanya wawancara ataupun diskusi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tanggung jawab pengangkut dalam pengangkutan barang melalui laut bisa dilihat pada pasal 468, 472 dan 477 KUHD, juga diatur dalam Undang-Undang No. 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran pada Pasal 38 dan Pasal 40. Pengangkut juga memungkinkan menuntut haknya apabila dirugikan, hal ini diatur dalam Pasal 478 dan 479 KUHD. Batasan tanggung jawab pengangkut sendiri diatur dalam beberapa peraturan yaitu pada Pasal 470 KUHD. Pada The Hague Rules 1924 terkait batasan tanggung jawab pengangkut barang melalui laut dalam bill of lading diatur dalam Pasal 4 dan 5, tetapi Indonesia sendiri belum meratifikasi aturan The Hague of Rules.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 03:16
Last Modified: 28 Sep 2019 03:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14913

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.