HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG DBD (Demam Berdarah Dengue) DENGAN KEBERADAAN JENTIK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAMPING I

Sari, Nurvita Kurnia and Sukesi, Tri Wahyuni (2019) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG DBD (Demam Berdarah Dengue) DENGAN KEBERADAAN JENTIK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAMPING I. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029205_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500029205_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (214kB)

Abstract

Latar Belakang: Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus Dengue. Pengetahuan adalah salah satu hal yang dapat mempengaruhi pembentukan perilaku dari masing-masing individu. Pengendalian DBD ditekankan pada pengendalian vektor penyakit DBD yang paling efektif yaitu dengan PSN Aedes aegypti dewasa dan pengendalian terhadap jentik nyamuk agar populasi dapat ditekan sehingga dapat memotong rantai penularan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan tentang DBD dengan keberadaan jentik di wilayah kerja Puskesmas Gamping I.
Metode: Penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan desain penelitian Cross sectional dan analisis Chi square teknik pengambilan sampel mennggunakan Proportional random sampling dengan jumlah 100 responden.
Hasil Penelitian: Hasil uji bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang DBD dengan keberadaan jentik (p=0,000, CI=1,91-5,07, PR=3,12>1 yang artinya tingkat pengetahuan adalah salah satu faktor risiko keberadaan jentik nyamuk), dimana pengetahuan yang rendah akan meningkatkan risiko keberadaan jentik sebesar 3,12 kali.
Kesimpulan: Ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang DBD dengan keberadaan jentik di wilayah kerja Puskesmas Gamping I.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Tri Wahyuni Sukesi, S.Si., M.PH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 03:36
Last Modified: 28 Sep 2019 03:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14920

Actions (login required)

View Item View Item