Repository Universitas Ahmad Dahlan

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI TRIDADI, SLEMAN, DIY

Solikah, Titin and Sukesi, Tri Wahyuni (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI TRIDADI, SLEMAN, DIY. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500029186_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (205kB)

Abstract

Latar Belakang: Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari-jemari menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih serta dapat mencegah terjadinya penyakit. Cuci tangan pakai sabun merupakan indikator dari program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah. Kebiasaan cuci tangan penting untuk diajarkan sejak dini karena anak-anak merupakan calon agen perubahan untuk lingkungan sekitarnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi terbentuknya perilaku cuci tangan adalah pengetahuan, sikap, motivasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap, dan motivasi dengan perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada siswa SDN Tridadi, Sleman, DIY. Metode: Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan 5 SDN Tridadi sebanyak 46 responden menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisi data menggunakan analisis univariat dan bivariat yaitu uji chi square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 65,2% siswa memiliki pengetahuan tinggi 60,9% siswa memiliki sikap tinggi. 56,5% siswa memiliki motivasi tinggi. Serta 54,3% siswa memiliki perilaku cuci tangan pakai sabun baik. Hasil uji statistik dengan analisis Chi Square menunjukkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan (P= 0,047), sikap (P= 0,001), dan motivasi (P= 0,044) dengan perilaku CTPS pada siswa SDN Tridadi, Sleman, DIY. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap, dan motivasi dengan perilaku cuci tangan pakai sabun pada siswa SDN Tridadi, Sleman, DIY.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 04:08
Last Modified: 28 Sep 2019 04:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14928

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.