STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SD MUHAMMADIYAH BLAWONG 1 JETIS BANTUL YOGYAKARTA

Rosdiana, Mona and Kurniawan, M. Ragil (2019) STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SD MUHAMMADIYAH BLAWONG 1 JETIS BANTUL YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500005025_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500005025_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Pelanggaran perilaku kedisiplinan masih banyak dilakukan oleh siswa dan guru di Indonesia. Disiplin adalah salah satu nilai pendidikan karakter yang harus dikembangkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk karakter disiplin, strategi guru dalam pengembangan karakter disiplin dan hambatan dalam pengembangan karakter disiplin siswa SD Muhammadiyah Blawong 1 Jetis Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, siswa, orang tua dan masyarakat. Informan dipilih berdasarkan pertimbangan orang yang paling paham mengenai karakter disiplin di sekolah. Objek penelitian yaitu strategi guru dalam pengembangan karakter disiplin siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan perpanjangan pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk karakter disiplin siswa SD Muhammadiyah Blawong 1 Jetis adalah disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin sikap dan disiplin dalam beribadah. Strategi guru dalam pengembangan karakter disiplin siswa adalah melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, keteladanan, kegiatan pembiasaan dan mengikutsertakan siswa untuk mewakili sekolah dalam lomba. Dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler ditetapkan adanya aturan dan sanksi bagi siswa yang melakukan pelanggaran kedisiplinan. Dalam pembiasaan guru memberikan pendekatan dan penekanan kepada siswa agar tidak mengulangi pelanggaran kedisipplinan. Hambatan dalam pengembangan karakter disiplin siswa adalah karakter siswa yang heterogen, latar belakang pola asuh orang tua siswa yang berbeda-beda, pengaruh penggunaan gadget, kebiasaan siswa saat dirumah, kemudian dibawa ke sekolah sehingga menjadikan siswa sulit beradaptasi dengan peraturan di sekolah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 04:11
Last Modified: 28 Sep 2019 04:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14931

Actions (login required)

View Item View Item