HUBUNGAN ANTARA WAKTU KERJA DAN BEBAN KERJA FISIK DENGAN PERASAAN KELELAHAN PADA PEKERJA DI HOME INDUSTRY TAHU DI DUKUH JANTEN, KABUPATEN BANTUL

Anisyah, Tesha Dwi Ayu and Saptadi, Julian Dwi (2019) HUBUNGAN ANTARA WAKTU KERJA DAN BEBAN KERJA FISIK DENGAN PERASAAN KELELAHAN PADA PEKERJA DI HOME INDUSTRY TAHU DI DUKUH JANTEN, KABUPATEN BANTUL. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029319_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500029319_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (157kB)

Abstract

Latar Belakang: Kelelahan adalah bahaya keselamatan di tempat kerja dan dapat menurunkan produktivitas kerja. Kelelahan yang terjadi secara terus menerus akan menjelma menjadi kelelahan kronis. Rasa lelah yang dialami penderita dapat terjadi sebelum melakukan pekerjaan, selama bekerja dan dapat terjadi setelah melakukan pekerjaan pada waktu sore hari. Kelelahan terjadi apabila beban kerja sebesar 30-40% dari kapasitas kerja dan pekerjaan statis yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Memperpanjang waktu kerja lebih dari kemampuan lama kerja akan timbul kecenderungan untuk terjadinya kelelahan. Pekerjaan apapun jenisnya akan menjadi beban bagi yang melakukan, baik itu beban kerja fisik ataupun mental.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan metode analitik observasional pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah populasi 114 pekerja dan sampel 60 pekerja. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner dan pengukuran denyut nadi dengan menggunakan stopwatch. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square.
Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa hubungan waktu kerja dengan perasaan kelelahan didapat nilai p-value 0,040 (p<0,05) yang berarti ada hubungan antara watu kerja dengan perasaan kelelahan. Sedangkan beban kerja fisik dengan perasaan kelelahan didapat nilai p-value 0,012 (p<0,05) yang berarti ada hubungan antara beban kerja fisik dengan perasaan kelelahan.
Kesimpulan: Ada hubungan antara waktu kerja dengan perasaan kelelahan, ada hubungan antara beban kerja fisik dengan perasaan kelelahan.
Kata Kunci: Waktu Kerja, Beban Kerja Fisik, Perasaan Kelelahan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 04:21
Last Modified: 28 Sep 2019 04:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14941

Actions (login required)

View Item View Item