Repository Universitas Ahmad Dahlan

Pengembangan Perangkat Peraga Pemantauan Keamanan Laboratorium Berbasis Internet of Things Untuk Mata Kuliah Fisika Instrumentasi

Apriyanto. E, Herry (2019) Pengembangan Perangkat Peraga Pemantauan Keamanan Laboratorium Berbasis Internet of Things Untuk Mata Kuliah Fisika Instrumentasi. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1__1300007014_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (766kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan perangkat peraga pemantauan keamanan laboratorium berbasis Internet Of Things. Perangkat ini digunakan sebagai alat demonstrasi pada mata kuliah Fisika Instrumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat yang dikembangkan serta respon dari pengguna. Metode pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model ADDIE. Adapun tahapannya adalah analisis (Analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data percobaan menggunakan persamaan teori ralat, sedangkan teknik analisis data kelayakan menggunakan persentase keidealan dengan perhitungan skor tiap butir pertanyaan. Hasil dari penelitian ini yang telah melalui tahapan uji kelayakan alat dengan persentase 85,53% dimana termasuk kategori baik, uji kelayakan materi dengan persentase 83,93% dimana termasuk kategori baik, uji kelayakan media dengan persentase 81,25% dimana termasuk kategori baik dan uji kelayakan pengguna dengan persentase 88,12% dimana termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil persentase tersebut, perangkat yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai alat demonstrasi pada mata kuliah Fisika Instrumentasi.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 05:57
Last Modified: 28 Sep 2019 05:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14948

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.