Pengembangan Perangkat Praktikum Penentuan Ketebalan Plastik Transparan Berbasis Sensor LDR Berbantuan Arduino Uno

Widya Handayani, Eka (2019) Pengembangan Perangkat Praktikum Penentuan Ketebalan Plastik Transparan Berbasis Sensor LDR Berbantuan Arduino Uno. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1 1400007053 NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1 1400007053 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah pentingnya media pembelajaran untuk mata kuliah fisika modern tentang koefisien serapan cahaya, dibutuhkannya alat dan modul untuk memvisualisasikan tentang koefisien serapan cahaya pada plastik transparan berbasis sensor LDR berbantuan arduino uno dan alat yang sudah ada cenderung mahal sehingga peneliti bermaksud untuk membuat alat dan modul yang lebih ekonomis dan terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan alat praktikum penentuan ketebalan plastik transparan berbasis sensor LDR berbantuan arduino uno dan (2) menghasilkan modul praktikum penentuan ketebalan plastik transparan berbasis sensor LDR berbantuan arduino uno. Metode pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Adapun tahapannya yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Pengambilan data diawali dengan mengukur tebal plastik transparan dengan menggunakan mikrometer skup, kemudian dilakukan monitoring tegangan LDR yang dipantau melalui front panel LabVIEW. Dalam tahapan simulasi, tegangan LDR dipantau berdasarkan intensitas cahaya pada ketebalan plastik transparan yang diterima. Setelah data diperoleh akan disimpan dalam bentuk microsoft excel kemudian dilakukan perhitungan antara tebal plastik transparan dngan tegangan LDR sehingga didapatkan grafik linieritas untuk menentukan koefisien cerapan cahaya.
Hasil penelitian ini menghasilkan nilai koefisien serapan cahaya pada plastik transparan dengan warna yang berbeda. Warna ungu sebesar 1,1214 m-1, biru sebesar 1,1041 m-1, hijau sebesar 1,0992 m-1, merah sebesar 0,5571 m-1, kuning sebesar 0,2592 m-1, orange sebesar 0,2259 m-1, dan putih atau bening sebesar 0,1827 m-1. Dan berikut adalah hasil dari presentase rata-rata uji kelayakan alat praktikum oleh dosen ahli I dan II sebesar 75 % sedangkan persentase rata-rata uji kelayakan modul praktikum oleh dosen ahli I dan II sebesar 82,14%. berdasarkan persentase tersebut alat dan modul dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 06:22
Last Modified: 28 Sep 2019 06:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14955

Actions (login required)

View Item View Item