HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN PERILAKU KEAMANAN PANGAN PADA PENJAMAH MAKANAN DI RUMAH MAKAN KAWASAN WISATA KULINER PANTAI DEPOK KABUPATEN BANTUL

Nurfikrizd, Ayesa and Rustiawan, Asep (2019) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN PERILAKU KEAMANAN PANGAN PADA PENJAMAH MAKANAN DI RUMAH MAKAN KAWASAN WISATA KULINER PANTAI DEPOK KABUPATEN BANTUL. Other thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029325_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500029325_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Foodborne Diseases masih menjadi masalah kesehatan dizaman modern ini. Terjadinya Foodborne Diseases karena kelalaian atau ketidaktauan penjamah makanan tentang perilaku keamanan pangan. Perilaku penjamah makanan dapat dipengaruhi oleh karakteristik individu yang meliputi umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, masa kerja dan pengalaman pelatihan. Pantai Depok merupakan pantai yang menyajikan wisata kuliner. Namun, hasil penelitian terdahulu didapatkan adanya hubungan perilaku penjamah dan pengolahan makanan dengan jumlah angka kuman pada ikan bawal bakar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik individu dengan perilaku keamanan pangan pada penjamah makanan di Rumah Makan Kawasan Wisata Kuliner Pantai Depok Kabupaten Bantul.
Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode analitik observasional dan rancangan cross sectional.Sampel penelitian menggunakan total sampling berjumlah 75 responden dari 75 rumah makan. Instrumen penelitian menggunakan lembar identitas responden dan lembar check list. Analisis data menggunakan univariat dan bivariat.
Hasil: Hasil penelitian ini bahwa responden lebih banyak golongan umur <46 tahun (61%), berjenis kelamin perempuan (91%), tingkat pendidikan tinggi (64%), masa kerja lama (84%) dan pernah mengikuti pelatihan (65%). Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan umur (p value=0,023), tidak ada hubungan jenis kelamin (p value=1,000), tidak ada hubungan tingkat pendidikan (p value=0,126), ada hubungan masa bekerja (p value=0,024) dan ada hubungan pelatihan (p value=0,023) artinya ada hubungan umur, masa kerja dan pelatihan dengan perilaku keamanan pangan.
Kesimpulan: ada hubungan umur, masa kerja dan pelatihan dengan perilaku keamanan pangan pada penjamah makanan di rumah makan kawasan wisata kuliner Pantai Depok Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 06:22
Last Modified: 28 Sep 2019 06:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14956

Actions (login required)

View Item View Item