Rancangan Buku Saku Tentang Personal Hygiene Sebagai Media Promosi Kesehatan Bagi Santri Di Pondok Pesantren Ar Romly Bantul Yogyakarta

Hayatun, Hayatun and Jatmika, Septian Emma Dwi (2019) Rancangan Buku Saku Tentang Personal Hygiene Sebagai Media Promosi Kesehatan Bagi Santri Di Pondok Pesantren Ar Romly Bantul Yogyakarta. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029121_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500029121_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Penanganan skabies masih sangat rendah dan terabaikan karena dianggap tidak mengancam jiwa, namun bisa menjadi kronis dan menyebabkan infeksi serta komplikasi yang berbahaya. Upaya promosi kesehatan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media buku saku untuk meningkatkan pengetahuan santri tentang personal hygiene. Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan rancangan buku saku tentang personal hygiene sebagai media promosi kesehatan bagi santri.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) level 1. Subjek dalam penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media dan santri. Instrument yang digunakan berupa lembar valisdasi untuk memberikan penilaian kelayakan media dan panduan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil: Analisis kebutuhan di Pondok Pesantren Ar Romly menunjukkan terdapat kejadian skabies pada santri, kurangnya pengetahuan santri tentang personal hygiene dan skabies, santri tidak pernah mendapatkan edukasi tentang kesehatan serta keterbatasan media pembelajaran. Hasil validasi rancangan buku saku tentang personal hygiene oleh ahli materi diperoleh sebesar 80% (sangat layak tanpa revisi) dan hasil validasi oleh ahli media diperoleh sebesar 97,3% (sangat layak tanpa revisi).
Kesimpulan: Rancangan buku saku tentang personal hygiene sebagai media promosi kesehatan bagi santri sangat layak digunakan untuk dilakukan uji coba produk.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 06:22
Last Modified: 28 Sep 2019 06:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14957

Actions (login required)

View Item View Item