HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI DENGAN KINERJA TENAGA KESEHATAN DI SELURUH PUSKESMAS KOTA YOGYAKARTA

Amalia, Maya and Mudayana, Ahmad Ahid (2019) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI DENGAN KINERJA TENAGA KESEHATAN DI SELURUH PUSKESMAS KOTA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1603329003_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1603329003_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (236kB)

Abstract

Latar belakang: Salah satu upaya pemerintah dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Kepemimpinan dan komunikasi yang baik sangat diperlukan demi tercapainya tujuan organisasi (puskesmas). Kurang optimalnya pelaksanaan kebijakan puskesmas dapat ditandai dengan kurangnya komunikasi, belum tersosialisasi program puskesmas dan lemahnya SDM dalam memberikan pelayanan. Hal ini dapat terjadi karena pegawai tidak memenuhi tugas dan tanggungjawabnya, sehingga evaluasi diperlukan agar menghasilkan kinerja yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara kepemimpinan dan komunikasi dengan kinerja tenaga kesehatan di seluruh puskesmas kota Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 189 orang pegawai puskesmas yang dipilih secara propotionate stratified random sampling. Penelitian dilakukan pada bulan April - Juni 2019 di Seluruh Puskesmas Kota Yogyakarta. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi Square.
Hasil Penelitian: Uji statistik chi square menunjukan nilai p-value kepemimpinan dengan kinerja sebesar 0,012 (p value < 0,05). Begitu juga uji statitstik yang dilakukan pada variabel komunikasi dengan kinerja sebesar 0,011 (p value < 0,05).
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan dan komunikasi dengan kinerja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 06:38
Last Modified: 28 Sep 2019 06:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14959

Actions (login required)

View Item View Item