Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Perawat Dalam Pelaksanaan Hand Hygiene Di Ruang Rawat Inap RSU PKU Muhammadiyah Bantul

Nurmala Sari, Tria and Kurnia Widi Hastuti, Siti (2019) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Perawat Dalam Pelaksanaan Hand Hygiene Di Ruang Rawat Inap RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029278_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500029278_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Penularan infeksi nosokomial dari orang ke orang harus dapat dicegah dengan selalu menjaga kebersihan tangan sesudah melakukan kegiatan pemeriksaan dan kegiatan interaksi di rumah sakit, salah satunya dengan melakukan hand hygiene. Kesadaran akan pentingnya hand hygiene pada petugas kesehatan sangat diperlukan dalam upaya pencegahan infeksi nosokomial. Angka kepatuhan hand hygiene yang didapat di RSU PKU Muhammadiyah Bantul sebesar 80%. Kesadaran akan pentingnya pelaksanaan hand hygiene belum ada atau belum muncul dalam diri perawat itu sendiri, sementara hal tersebut sangat penting selain untuk melindungi dirinya dari penularan infeksi serta dapat menurunkan angka risiko dan penyebaran penyakit infeksi nosokomial yang ada di rumah sakit.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling, dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 89 orang. Data penelitian dianalisis menggunakan uji chi-square.
Hasil: Nilai p value sebesar 0,040 (p < 0,05) menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan perawat dalam pelaksanaan hand hygiene. Nilai p value sebesar 1,00 (p > 0,05) menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara sikap dengan kepatuhan perawat dalam pelaksanaan hand hygiene. Nilai p value sebesar 0,425 (p > 0,05) menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara motivasi dengan kepatuhan perawat dalam pelaksanaan hand hygiene.
Kesimpulan: Ada hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan perawat dalam pelaksanaan hand hygiene, serta tidak ada hubungan antara sikap dan motivasi dengan kepatuhan perawat dalam pelaksanaan hand hygiene

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 06:54
Last Modified: 28 Sep 2019 06:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14960

Actions (login required)

View Item View Item