HUBUNGAN BUDAYA KERJA DAN KERJASAMA DENGAN KINERJA TENAGA KESEHATAN DI SELURUH PUSKESMAS KOTA YOGYAKARTA

Rensi Assura, Diny and Ahid Mudayana, Ahmad (2019) HUBUNGAN BUDAYA KERJA DAN KERJASAMA DENGAN KINERJA TENAGA KESEHATAN DI SELURUH PUSKESMAS KOTA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1603329024_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1603329024_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (207kB)

Abstract

Latar belakang: Salah satu upaya pemerintah dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Peran puskesmas dan jaringannya sebagai institusi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan di jenjang pertama yang terlibat langsung dengan masyarakat menjadi sangat penting. Puskesmas bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya. Untuk meningkatkan kinerja puskesmas, diperlukan informasi yang lengkap tentang puskesmas, di antaranya berkaitan dengan kondisi bangunan puskesmas dan sarananya, kondisi jaringan puskesmas, dan tenaga di puskesmas. Budaya kerja dan kerjasama yang baik sangat diperlukan demi tercapainya tujuan organisasi (puskesmas). Kurang optimalnya pelaksanaan kebijakan puskesmas dapat ditandai dengan kurangnya kerjasama, belum tersosialisasi program puskesmas dan lemahnya SDM dalam memberikan pelayanan. Hal ini dapat terjadi karena pegawai tidak memenuhi tugas dan tanggungjawabnya, sehingga evaluasi diperlukan agar menghasilkan kinerja yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara budaya kerja dan kerjasama dengan kinerja tenaga kesehatan di seluruh puskesmas kota Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 159 orang pegawai puskesmas yang dipilih secara propotionate stratified random sampling. Penelitian dilakukan pada bulan April - Mei 2019 di Seluruh Puskesmas Kota Yogyakarta. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik Korelasi.
Hasil Penelitian: Uji statistik korelasi menunjukan nilai p-value budaya kerja dengan kinerja sebesar 0,004 (p value < 0,05). Begitu juga uji statitstik yang dilakukan pada variabel kerjasama dengan kinerja sebesar 0,000 (p value < 0,05).
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara budaya kerja dan kerjasama dengan kinerja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 07:01
Last Modified: 28 Sep 2019 07:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14964

Actions (login required)

View Item View Item