HUBUNGAN POSTUR KERJA DAN MASA KERJA DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA PEMBATIK GIRILOYO DI KABUPATEN BANTUL

Sari, Raja Octhaviea and Rifai, Muchamad (2019) HUBUNGAN POSTUR KERJA DAN MASA KERJA DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA PEMBATIK GIRILOYO DI KABUPATEN BANTUL. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029018_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500029018_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Musculoskeletal Disorders (MSDs) adalah serangkaian sakit pada otot, tendon, dan syaraf. Aktivitas dengan tingkat pengulangan yang tinggi dapat menyebabkan timbulnya kelelahan pada otot, merusak jaringan hingga dapat menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan dalam melakukan aktivitas atau pekerjaan1. kondisi musculoskeletal adalah penyebab tertinggi kedua di dunia, dengan nyeri punggung bawah menjadi penyebab utama kecacatan secara global2. Keluhan yang dialami pembatik dapat terjadi karena aktivitas yang dilakukan secara berulang dan terus-menerus dalam waktu yang lama. Posisi kerja dengan waktu lama dan kursi yang tidak ergonomis menjadikan faktor utama adanya kejadian keluhan Musculoskeletal Disorders.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 88 orang Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling Instrumen yang digunakan untuk menganalisis postur kerja dengan kejadian keluhan Musculoskeletal Disorder (MSDs) menggunakan lembar Rapid Entire Body Assesment (REBA) yang diadaptasi dan telah teruji validitasnya dan untuk melihat keluhan Musculoskeletal Disorder (MSDs) menggunakan Nordic Body Map (NBM). Analisis data dengan uji Chi square.
Hasil: Analisis bivariat menunjukkan ada hubungan antara postur kerja dengan keluhan MSDs pada pembatik di Batik Giriloyo Kabupaten Bantul, dengan nilai p value sebesar 0,049 (p value <0,05). Sedangkan pada masa kerja juga memiliki hubungan antara masa kerja dengan keluhan MSDs pada pembatik Giriloyo Kabupaten Bantul dengan nilai p value sebesar 0,000 (p value <0,05)
Kesimpulan: Ada hubungan secara statistik antara postur kerja dan masa kerja terhadap keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada pembatik di Batik Giriloyo Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 08:29
Last Modified: 28 Sep 2019 08:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14975

Actions (login required)

View Item View Item