SKRINING HIPERTENSI PADA USIA PRA LANSIA DI DUKUH KALIURANG BARAT, DESA HARGOBINANGUN, KECAMATAN PAKEM, KABUPATEN SLEMAN

Cahyani Putri, Erni and Agung Wibowo, Trisno (2019) SKRINING HIPERTENSI PADA USIA PRA LANSIA DI DUKUH KALIURANG BARAT, DESA HARGOBINANGUN, KECAMATAN PAKEM, KABUPATEN SLEMAN. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1603329001_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1603329001_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (172kB)

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular. Bila tidak dideteksi secara dini, peningkatan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu lama (persisten) dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal (gagal ginjal), jantung (penyakit jantung koroner) dan otak (menyebabkan stroke). Pra lansia merupakan seseorang yang berusia antara 45-59 tahun yang mulai memasuki masa akan terjadi penurunan secara perlahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri, mengganti dan mempertahankan fungsi organ tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sensitivitas, spesifisitas, nilai preditif positif (NPP), nilai prediktif negatif (NPN), dan beda proporsi gejala hipertensi dengan pemeriksaan tekanan darah di Dusun Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.
Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan menggunakan rancangan cross-sectional. Teknik penelitian menggunakan total sampling dan berhasil memperoleh sebanyak 262 sampel. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari – April 2019. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif.
Hasil Penelitian : Nilai sensitivitas dari tujuh gejala hipertensi dalam penelitian ini dibawah nilai ideal nilai sensitivitas < 95%.
Kesimpulan : Gejala hipertensi tidak dapat digunakan untuk skrining hipertensi di Dukuh Kaliurang Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 08:32
Last Modified: 28 Sep 2019 08:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14990

Actions (login required)

View Item View Item