PENGEMBANGAN PANDUAN COGNITIVE BEHAVIOR COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 BERBAH (Uji Coba Produk Pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 3 Berbah)

Indaryanti, Tati (2019) PENGEMBANGAN PANDUAN COGNITIVE BEHAVIOR COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 BERBAH (Uji Coba Produk Pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 3 Berbah). Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500001115_Naskah Publikasi.pdf] Text
T1_1500001115_Naskah Publikasi.pdf

Download (186kB)

Abstract

Kemandirian Belajar merupakan suatu proses belajar secara mandiri yang
dilakukan dengan usaha sadar dalam belajar untuk merencanakan strategi, sumber-sumber dalam proses belajar dan menentukan tujuan belajar yang ingin dicapai. Namun dilapangan masih ditemukannya siswa yang memiliki kemandirian belajar yang rendah. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan panduan cognitive behaviorcounseling untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa SMP. Model penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Resechand Development (RnD) merupakan penelitian dan pengembangan yang hasil akhirnya menghasilkan suatu produk berupa produk. Adapun produk yang dihasilkan berupa panduan. Model pengembangan menggunakan langkah-langkah dari brog and Gall sampai pada tahapan 6. Subjek uji coba peneliti yaitu siswa kelas IX SMP Negeri 3 Berbah dilakukan dengan purposive sampiling dengan one group pretest-postest. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan Instrumen Angket. Metode yang dilakukan peneliti yaitu analisis dan masalah, pengumpulan data, desain panduan, validasi desain, revisi desain dan uji coba dengan skala terbatas disertai uji efektivitasnya. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa penilaian panduan secara keseluruhan diperoleh nilai 89,03 dengan kategori sangat baik. Selain itu hasil dari efektivitas panduan cognitive behavior counseling menunjukan peningkatkan dengan rata-rata skor pretest sebesar 120,77 sedangkan skor rata-rata postest sebesar 150. Kemudian berdasarkan perhitungan rumus t-test diperoleh t sebesar 8,02 dan seelah dikonsultasikan dengan tabel distribusi t diperoleh perbandingan t0,05 < t yaitu 2,30 < 3,35 < 8,02. Berdasarkan hasil tersebut maka produk akhir yang dihasilkan berupa“Panduan cognitive behavior counseling untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa SMP” dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai salah satu media bimbingan dan konseling disekolah khususnya dalam layanan konseling terkait kemandirian belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 08:14
Last Modified: 28 Sep 2019 08:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14997

Actions (login required)

View Item View Item