Repository Universitas Ahmad Dahlan

PERAN ORANG DEWASA DALAM STIMULASI MOTORIK KASAR PADA ANAK DELAYED WALKING ( KETERLAMBATAN BERJALAN)

Dewi, Nova (2019) PERAN ORANG DEWASA DALAM STIMULASI MOTORIK KASAR PADA ANAK DELAYED WALKING ( KETERLAMBATAN BERJALAN). Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500002013_Naskah Publikasi.pdf

Download (242kB)

Abstract

Peran orang dewasa dalam memberikan stimulasi motorik kasar pada anak yang mengalami delayed walking sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam penelitian ini ditemukan bahwa orang dewasa hanya sebatas mengarahkan anak dalam kegiatan stimulasi motorik kasar serta kurang maksimal dalam memberikan petunjuk maupun contoh dalam melakukan kegiatan stimulasi motorik kasar seperti kegiatan mendorong walker dan orang dewasa kurang rajin dalam melatih anak belajar berjalan seperti menetah anak dam membiasakan anak untuk tidak merangkak tetapi merambat, orang dewasa sudah cukup dalam memberikan motivasi terhadap anak melalui memberikan reward terhadap anak. Berdasarkan hal tersebut tujuan dilaksanakan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana peran orang dewasa dalam stimulasi motorik kasar pada anak dengan gangguan delayed walking (keterlambatan berjalan) dengan cara menggarahkan anak melalui kegiatan stimulasi motorik kasar. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah orang dewasa yang mengasuh anak delayed walking . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data dengan menggunakan trianggulasi teknik . Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang dewasa dalam stimulasi motorik kasar pada anak yang mengalami delayed walking sudah di terapkan tetapi belum optimal, peran yang sudah dilakukan adalah memberi motivasi pada anak dengan memberikan reward. Sedangkan hal belum optimal yaitu memberikan petunjuk serta memberikan contoh terhadap kegiatan mendorong walker sebagai salah satu cara menstimulus motorik kasar anak serta orang dewasa kurang maksimal dalam melatih anak berjalan melalui ditetah.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 08:12
Last Modified: 28 Sep 2019 08:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14998

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.