HUBUNGAN DUKUNGAN EMOSIONAL KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN TOILET TRAINING ANAK USIA 3-5 TAHUN DI KB MUTIARA UMMI KALASAN

Norma Aprianti, Eka (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN EMOSIONAL KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN TOILET TRAINING ANAK USIA 3-5 TAHUN DI KB MUTIARA UMMI KALASAN. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500002039_Naskah Publikasi.pdf] Text
T1_1500002039_Naskah Publikasi.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data yang berkembang bahwa dukungan emosional keluarga memberikan dampak positif pada kemampuan toilet training seperti anak mampu mengutarakan keinginannnya untuk BAK/BAB, melatih anak agar bisa membuka celana sendiri sampai membersihkan kotoran dan membasuh duburnya sendiri. Toilet training merupakan seuatu usaha untuk melatih anak supaya mampu mengontrol dalam melakukan BAK dan BAB. Toilet training berhubungan dengan dukungan emosional keluarga, dikarenakan ikatan emosi dan kasih sayang yang erat antara keluarga dengan anak yang berguna untuk menentukan perilaku anak di kemudian hari. Dukungan emosioanal ini diberikan dalam bentuk memberikan simpati, empati, cinta, kepercayaan, dan penghargaan. Hal tersebut membuat anak merasa diperhatikan dan dipedulikan, sehingga dalam menghadapi permasalahan dapat diatasi dengan lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan emosional keluarga terhadap kemampuan toilet training anak usia 3-5 tahun di KB Mutiara Ummi Kalasan.
Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik prasyarat analisis berupa uji normalitas Kolmogorov Smirnov, linieritas, dan uji korelasi Product moment dengan bantuan program SPSS v.25.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan dukungan emosional keluarga terhadap kemampuan toilet training anak. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi Product Moment menunjukkan dukungan emosional keluarga dengan kemampuan toilet training mempunyai hubungan. Variabel dukungan emosional keluarga dan variabel kemampuan toilet training menunjukkan nilai positif 0,720, besaran angka korelasi menunjukkan bahwa korelasi antara dukungan emosional keluarga dengan kemampuan toilet training anak berada dalam kategori “kuat”.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 08:09
Last Modified: 28 Sep 2019 08:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14999

Actions (login required)

View Item View Item