Repository Universitas Ahmad Dahlan

HUBUNGAN ANTARA CURAH HUJAN DAN KEPADATAN PENDUDUK DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAMPING I (DESA BALECATUR) KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2015-2017

Auritha Biis, Novry and Wahyuni Sukesi, Tri (2019) HUBUNGAN ANTARA CURAH HUJAN DAN KEPADATAN PENDUDUK DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAMPING I (DESA BALECATUR) KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2015-2017. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img]
Preview
Text
T1_1500029291_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit dengan angka kejadian yang masih tinggi setiap tahunnya. Propinsi DIY Kabupaten Sleman merupakan wilayah yang memiliki jumlah kasus DBD tertinggi. Di Kabupaten Sleman angka kejadian DBD tertinggi salah satunya berada di Kecamatan Gamping. Curah hujan dan kepadatan penduduk menjadi beberapa faktor yang berhubungan dengan peningkatan kejadian DBD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara curah hujan dengan kepadatan penduduk dengan kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah kerja puskesmas Gamping I (Desa Balecatur) Kabupaten Sleman tahun 2015-2017. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode observasional deskriptif dan rancangan ekologi. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari beberapa Dinas terkait. Analisis data dengan menggunakan uji Pearson dengan alternatif Spearman. Hasil: Berdasarkan hasil analisis uji Spearman didapatkan P<α (0,05 < 0,496) yang berarti Tidak ada hubungan Curah Hujan dengan kejadian DBD dengan nilai r = 0,117 yaitu kekuatan hubungan sangat lemah dan arah hubungan positif, nilai P<α (0,05 < 0,00) ada hubungan kepadatan penduduk dengan kejadian DBD dan (r = 0,563) yaitu kekuatan hubungan sedang dan arah hubunan positif. Kesimpulan: Tidak adahungan antara Curah Hujan dengan kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) dan ada hubungan antara kepadatan penduduk dengan kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Wilayah Kerja Puskesmas Gamping I (Desa Balecatur) Kabupaten Sleman tahun 2015-2017. Kata Kunci: Curah Hujan, Kepadatan Penduduk, Kejadian DBD

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 08:08
Last Modified: 28 Sep 2019 08:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15000

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.