Repository Universitas Ahmad Dahlan

Sikap Toleransi Pada Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dengan Materi Keberagaman Suku, Ras Dan Antar Golongan Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika Di Kelas VII SMP Negeri 1 Banguntapan Tahun Ajaran 2019

Febryanty, Stevany (2019) Sikap Toleransi Pada Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dengan Materi Keberagaman Suku, Ras Dan Antar Golongan Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika Di Kelas VII SMP Negeri 1 Banguntapan Tahun Ajaran 2019. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1400009020_Naskah Publikasi.pdf

Download (325kB)

Abstract

Di dalam metode pengajaran kebanyakan guru menggunakan metode ceramah monoton yang mengakibatkan siswa bosan dan kurangnya semangat belajar siswa. Untuk itu didalam proses belajar mengajar guru harus memiliki strategi atau metode yang baik, agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien. Untuk mencapai pengajaran baik, dan dapat membangkitkan semangat belajar siswa, guru diharapkan memiliki metode yang tepat. Diperlukan model pembelajaran cooperative learning agar siswa tidak hanya menguasai pengetahuannya saja tetapi siswa juga dapat mencontoh sikap-sikap yang baik. Sehingga dengan berkerja bersama-sama diantara sesama anggota kelompok akan meningkatkan motivasi, produktivitas dan perolehan belajar. Peneliti memilih pembelajaran cooperative learning dengan tipe jigsaw sebagai kajian penelitian karena dapat meningkatkan kemampuan sosial dengan mengembangkan rasa harga diri dan hubungan interpersonal yang positif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap toleransi yang muncul dalam model pembelajaran cooperative learning materi keragaman suku, agama, ras, dan antar golongan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika di kelas VII SMP Negeri 1 Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa/siswi SMP Negeri 1 Banguntapan . Objek penelitian ini adalah perilaku toleransi . Pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi,. Teknik analisis data yaitu dengan langkah-langkah reduksi data, display data, kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sikap toleransi agama terhadap sesame teman yang muncul dalam pembelajaran dengan materi tentang keragaman suku, ras dan antar golongan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika . Kata Kunci: Toleransi, cooperative learning, tipe jigsaw

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 07:57
Last Modified: 28 Sep 2019 07:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15009

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.